TEBAR RIBUAN BENIH IKAN DI ALIRAN SUNGAI KEYANG

Sooko (31/8/2020), Sebagai upaya mengembalikan dan meningkatkan jumlah populasi ikan air tawar, seperti di sungai dan sumber mata air, Dinas Pertanian, Ketahanan pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo melalui dana APBD 1 menebarkan ribuan benih ikan tawes dan tombro di aliran Sungai Keyang Kecamatan Sooko, pada hari Senin, 31 Agustus 2020.

Andi Susetyo, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo memberikan sambutan

Kegiatan restoking (penebaran benih ikan) di perairan umum ini dilakukan dengan melibatkan masyarakat setempat. Kelompok penerima adalah KUB Tirto Lestari. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Pengelolaan Sumberdaya Ikan, Camat Sooko, Kepala Desa di 6 desa setempat, Kapolres dan Dandim.

Serah terima bantuan benih ikan kepada KUB Tirto Lestari

Penebaran benih ikan merupakan langkah untuk mengatasi krisis ikan di perairan umum, akibat tingginya penangkapan apalagi menggunakan setrum. Dengan penebaran benih ikan, ke depan populasi ikan di perairan umum diharapkan bisa kembali meningkat.

Benih ikan yang siap ditebarkan di sungai

Pelepasan benih ikan di sungai ini diharapkan juga bisa membantu pendapatan masyarakat. Termasuk pula sebagai upaya menjaga kelestarian alam dan memperbaiki ekosistem perairan di sungai setempat. Karena jika penangkapan ikan yang tinggi tak sebanding dengan jumlah populasinya, akan berdampak pada ekosistem air di sungai.

Pelepasan benih ikan di aliran Sungai Keyang

Selain itu dengan adanya ikan, masyarakat menjadi terdorong untuk menjaga kebersihan sungai. Seperti tidak lagi membuang sampah atau segera membersihkan sungai jika ada sampah yang tersangkut. Tak hanya itu, dengan cara ini diharapkan menumbuhkan kembali semangat gemar makan ikan. Benih ikan yang dilepas yaitu tombro 55.500 ekor dan tawes 35.200 ekor.