LOMBA PETANI DAN GAPOKTAN BERPRESTASI 2020

Ponorogo (10/9/2020), Tim Penilai Lomba Petani dan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Berprestasi Tingkat Kabupaten Ponorogo Tahun 2020 terjun langsung ke petani dan gapoktan peserta lomba. Peserta lomba berasal dari 21 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Ponorogo. Penilaian lomba dilaksanakan tanggal 7 September s.d. 12 Oktober 2020 sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Sudarsih peserta lomba petani berprestasi dari Desa Duri Kecamatan Slahung dengan budidaya tanaman tin dan berbagai produk olahan buah tin

Evy Ediana, Kasi Kelembagaan Penyuluhan, Bidang Penyuluhan, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo mengatakan penilaian petani dan gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) berprestasi ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun.

“Tujuan penilaian petani berprestasi yaitu memberikan motivasi kepada petani untuk lebih meningkatkan kinerja dan produktivitas dalam pengembangan agribisnis,” ungkapnya.

“Sedangkan tujuan dilakukannya penilaian gapoktan berprestasi memberikan motivasi dan meningkatkan kinerja gabungan kelompok tani sebagai kelembagaan pelaku utama pembangunan pertanian di perdesaan,” imbuhnya.

Penilaian di Gapoktan Kec. Ngrayun

Evy Ediana juga menjelaskan dari hasil penilaian tim penilai tingkat Kabupaten akan dipilih 3 (tiga) pemenang, baik dari Petani Berprestasi maupun dari Gapoktan Berprestasi.

“Sebagai tindak lanjut kejuaraan di tingkat Kabupaten, untuk juara 1 tingkat Kabupaten berhak mengikuti seleksi tingkat Provinsi, dan apabila di tingkat provinsi mendapat juara 1 maka berhak mengikuti seleksi di tingkat Nasional,” pungkasnya.