EVALUASI BANTUAN MESIN PERAJANG TEMBAKAU DAN SOSIALISASI RENCANA KEGIATAN TAHUN 2022

PONOROGO-Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo melalui Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan melakukan evaluasi kegiatan Pengembangan Prasarana Pertanian tentang Bantuan Hibah Mesin Perajang Tembakau ke kelompok tani penerima bantuan serta sosialisasi rencana kegiatan tahun 2022. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 11, 15, 16, dan 17 November 2021 di Aula Bidang Perkebunan.

Kegiatan evaluasi bantuan mesin perajang tembakau

Kegiatan ini dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menyemprotkan desinfektan sebelum dimulai dan sesudah acara, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, serta menjaga jarak.

Kegiatan dihadiri oleh Mahendro Akso selaku Plt. Kepala Bidang Perkebunan, Ratna Dwi Wahyuni selaku Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, staf Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, serta Ketua dan anggota kelompok tani. Bantuan hibah mesin perajang tembakau tahun 2021 diberikan kepada 19 kelompok tani pada Hari Rabu, tanggal 18 Agustus 2021 yang lalu.

Sosialisai rencana kegiatan tahun 2022

Sedangkan untuk bantuan hibah tahun 2022 antara lain Roda 3 akan diserahkan masing-masing satu unit pada dua kelompok tani; Generator akan diserahkan masing-masing satu unit pada lima kelompok tani; mesin perajang, widik, dan para-para akan diserahkan masing-masing satu set pada sepuluh kelompok tani.

Ratna Dwi Wahyuni selaku Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan menyampaikan bahwa bantuan masih sangat dibutuhkan oleh petani. “Hasil evaluasi bantuan hibah mesin perajang tembakau tahun 2021 sangat bermanfaat bagi petani sehingga akan didapatkan hasil rajangan yang berkualitas sesuai permintaan dari pabrik (varietas Virginia) dan sesuai permintaan pasar (varietas lokal),” terangnya.