Ketua KWT Merak Berbagi Tips Sukses Budidaya Sayur di Pekarangan

PONOROGO-Sumilah, ketua KWT (Kelompok Wanita Tani) Merak Desa Manuk Kecamatan Siman, menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi Peningkatan Ketersediaan Sayur di Kota Madiun Melalui Urban Farming pada Rabu, 24 November 2021.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun bertempat di aula Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Kelompok Pekarangan Pangan Lestari se-Kota Madiun, turut hadir memberikan sambutan dan pembukaan, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun.

“Setelah difasilitasi oleh pemerintah, diharapkan kelompok Pekarangan Pangan Lestari Kota Madiun semakin berdaya dan mandiri,” kata Sumini Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kota Madiun.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, Sumilah yang hadir didampingi oleh Kepala Seksi Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan Bidang Ketahanan menyampaikan materi tentang Teknik Budidaya Sayuran di Pekarangan. Dalam materi ini Sumilah berbagi pengalaman tentang teknik budidaya dalam polibag.

Sumilah saat memberikan materi sosialisasi

“Lahan terbatas bukan berarti niat budidaya sayuran jadi kandas,” ucap Sumilah, ketua KWT Merak binaan Bidang Ketahanan Pangan Kabupaten Ponorogo.

Selain berbagi materi tentang teknik budidaya, Sumilah juga berbagi pengalaman terkait cara Peningkatan Menejemen Pengelolaan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) KWT Merak dan Pengendalian Hama Penyakit pada Sayuran.

“Banyak kegiatan yang kami lakukan, mulai dari pembibitan sendiri di Kebun Bibit Desa (KBD), praktik pembuatan pupuk organik, pestisida organik, serta penanaman di pekarangan dan demplot kelompok,” jelas Sumilah saat membahas materi pemanfaatan pekarangan.

KWT Merak Desa Manuk Kecamatan Siman yang diketuai oleh Sumilah ini pernah menjadi juara 1 Tingkat Provinsi pada kategori Kebun Bibit Desa (KBD) pada tahun 2014 dan menjadi juara 1 Tingkat Kabupaten dalam lomba Kawasan Rumah Pangan Lestari tahun 2019. Tidak heran bila Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun mengundang beliau menjadi narasumber.

Para peserta sangat antusias mengikuti sosialisasi ini. Melalui acara ini para peserta mendapatkan tambahan wawasan dan memiliki gambaran untuk meningkatkan produktivitas pekarangannya. (ra/kp)