GELAR PASAR PANGAN MURAH BERKUALITAS

PONOROGO-Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur kembali bekerja sama dengan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo mengadakan Gelar Pasar Pangan Murah Berkualitas di halaman Kantor Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Rabu, 9 November 2021.

Kunjungan stand pasar pangan murah

Acara dihadiri oleh Perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dipertahankan Kabupaten Ponorogo, Perwakilan Kapolsek Kecamatan Pulung, Perwakilan Danramil, Pimpinan Bulog Kabupaten Ponorogo, Camat Pulung, dan masyarakat.

Antusiasme masyarakat membeli bahan pokok di stand pasar pangan murah

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dipertahankan Kabupaten Ponorogo, Sumarno, menyampaikan bahwa lebih lengkapnya kegiatan Gelar Pasar Pangan Murah ini adalah kerjasama dari instansi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Dipertahankan Kabupaten Ponorogo, dan BULOG Kabupaten Ponorogo.

“Kegiatan Gelar Pasar Pangan Murah Berkualitas ini merupakan upaya pemerintah untuk melakukan stabilisasi pasokan harga pangan sehingga dapat mengantisipasi terjadinya inflasi/kenaikan harga pangan pokok di Kabupaten Ponorogo menjelang perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional,” imbuhnya.

Komoditas pokok yang dijual dalam Gelar Pasar Pangan Murah Berkualitas ini antara lain: Beras medium Rp42.500,-/ 5 kg, Bawang Merah Rp27.000,-/kg, Bawang Putih Rp18.000,-/kg, Telur Ayam Rp24.000,-/kg, Cabai rawit Rp6.000,-/250 gram, Cabai besar Rp6.000,-/250 gram, Minyak Goreng Rp12.500,-/liter. Selain menjual pangan pokok, digelar pula produk olahan pangan lokal hasil produksi ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT).

BULOG dalam hal ini berpartisipasi dalam menyediakan beras dan minyak goreng. Beras yang ditawarkan adalah beras kualitas medium dan premium.

Kepala Dipertahankan Kabupaten Ponorogo saat memberikan sambutan

“Terima kasih kepada segenap instansi terkait yang telah ikut berpartisipasi untuk bekerjasama menyukseskan gelar pasar pangan murah di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo,” ucap Masun, Kepala Dipertahankan Kabupaten Ponorogo, dalam sambutan dan pembukaan acara.

“Gelar Pasar Pangan Murah Berkualitas ini dilakukan untuk menekan laju inflasi dan menjaga stok bahan pokok yang berkualitas agar dapat dijangkau masyarakat dengan harga yang wajar,” Ucap Sukemi, Perwakian dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur.

Masyarakat memanfaatkan kesempatan langka ini dengan membeli berbagai macam produk yang dijual

Sementara itu, Sudarsono, Camat Pulung menyampaikan ucapan terima kasih karena Gelar Pasar Pangan Murah Berkualitas tahun ini digelar di Kecamatan Pulung.

“Saya berharap dengan adanya acara ini perekonomian masyarakat di Kecamatan Pulung bisa terbantu dan masyarakat bisa mendapatkan pangan berkualitas dengan harga terjangkau,” harapnya.

Masyarakat saat membeli di stand pasar pangan murah

Sementara itu di bagian stand Gelar Pasar Pangan Murah Berkualitas, masyarakat antusias membeli kebutuhan pangan. (ra-hacw/kp)