PENYERAHAN BANTUAN LELE SEGAR 1 TON

PONOROGO-Puncak peringatan Hari Ikan Nasional tahun 2022 di Ponorogo berlangsung semarak. Puluhan ibu-ibu dan anak-anak usia PAUD memadati Balai Desa Sedarat, Kecamatan Balong pada Kamis, 17 November 2022. Ibu-ibu dan anak-anak tersebut dengan antusias menunggu pembagian paket ikan lele segar yang dilakukan oleh Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo melalui Bidang Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (PKHP) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Sedarat, Desa Jalen, Desa Balong dan Desa Bajang.

Pemberian ikan lele segar ke masyarakat

Ditunjuk empat desa di wilayah Kecamatan Balong karena keempatnya merupakan desa-desa yang masuk kedalam desa lokasi fokus intervensi penurunan stunting. Hal ini didasarkan pada SK Bupati Ponorogo nomor 188.45/662/405.27/2021 tentang Penetapan Desa Lokasi Fokus Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi di Kabupaten Ponorogo tahun 2022. Pembagian 1 ton ikan lele segar ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya makan ikan serta dalam upaya menurunkan angka stunting di empat desa tersebut.

Kabid PKHP saat memberikan sambutan

Acara dihadiri oleh Kepala Bidang PKHP Siti Barokah, Kepala Desa Sedarat Sugeng Setioso, Kepala Desa Jalen Langen Triwiyono, Kepala Desa Balong, dan Kepala Desa Bajang Ninik Setyowati. Dalam sambutannya Siti Barokah menyampaikan pentingnya makan ikan sejak dini guna meningkatkan perkembangan anak. “Ikan mengandung zat-zat yang penting dalam tumbuh kembang anak,” tandasnya.

“Marilah kita budayakan makan ikan sejak dini, selain pemenuhan sumber gizi lain guna mencegah stunting,” imbuhnya.

Kades Sedarat saat menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan pembagian ikan

Dalam acara yang sama Sugeng Setioso Kepala Desa Sedarat menyampaikan terimakasih atas terlaksananya acara pembagian 1 ton ikan lele segar.

“Mewakili Kepala Desa Jalen, Balong, Bajang dan Sedarat saya ucapkan terimakasih kepada Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo atas terselenggaranya acara ini,” kata Sugeng.

“Semoga dengan acara ini stunting dapat teratasi,” tegasnya.

Pemberian ikan lele segar secara simbolis ke masyarakat Desa Sedarat
Penyerahan ikan lele segar secara simbolis kepada masyarakat Desa Balong
Penyerahan bantuan secara simbolis kepada masyarakat Desa Bajang

Acara dilanjutkan dengan penyerahan paket berisi ikan lele segar kepada masyarakat di empat desa. Harapan kedepan agar masyarakat semakin sadar pentingnya makan ikan sejak dini. Masing-masing desa mendapat 250 paket lele segar untuk selanjutnya di terima oleh 125 penerima diutamakan yang memiliki anak stunting.