SERTIFIKASI KOMPETENSI PENYULUH PERTANIAN

PONOROGO–Penyuluh Pertanian di Kabupaten Ponorogo mendapatkan kesempatan untuk sertifikasi kompetensi Penyuluh Pertanian oleh TUK Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu. Bertempat di Aula Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo, 30 peserta penyuluh pertanian melakukan sertifikasi kompetensi penyuluh pertanian selama 3 hari mulai tangal 17 hingga 19 November 2022. Peserta serifikasi berasal dari Kabupaten Ponorogo dan empat diantaranya berasal dari Kabupaten Pacitan.

Peserta bersama asesor saat pembukaan acara

Acara dibuka langsung oleh Kepala BBPP Batu, Sabir secara daring. Dalam kesempatan ini beliau menjelaskan bahwa sertifikasi kompetensi penyuluh pertanian dilakukan untuk menggali kemampuan, ide dan gagasan para penyuluh pertanian di lapangan sehingga dapat ditularkan kepada petani di wilayah binaan.

“Selain melakukan penyuluhan, Penyuluh Pertanian harus mampu menuliskan apa yang mereka lakukan dan melakukan apa yang mereka tulis. Hal itu harus tertuang dalam Programa Desa dan juga Rencana Kerja Tahunan Penyuluh,” ucapnya.

Disambut langsung oleh Kepala Dipertahankan Kabupaten Ponorogo, acara sertifikasi yang menghadirkan 3 asesor tersebut diharapkan mampu memacu semangat para penyuluh pertanian khususnya dalam membimbing serta membina kelompok tani di wilayah masing-masing.

Peserta sertifikasi saat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh asesor

Ujian yang dilaksanakan para asesi diantaranya Portofolio dengan menyerahkan bukti kompetensi selama melakukan penyuluhan di wilayah binaan masing-masing. Dokumen yang diserahkan mencakup 5 unit kompetensi yaitu 1. Penyusunan programa penyuluhan pertanian, 2. Materi penyuluhan pertanian, 3. Penerapan media penyuluhan pertanian yang ditanyakan oleh asesor berupa naskah, presentasi, atau video, 4. Menerapkan metode penyuluhan pertanian dan bukti telah melaksanakan penyuluhan pertanian berbentuk dokumen, foto maupun video, 5. Evaluasi pelaksanaan penyuluhan berupa laporan kegiatan penyuluhan pertanian.

Masun, Kepala Dipertahankan Kabupaten Ponorogo saat memberikan sambutan

Para Asesi telah mempersiapkan diri menghadapi sertifikasi tersebut untuk mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai penyuluh pertanian. Masun, Kepala Dipertahankan Kabupaten Ponorogo menyambut baik adanya sertifikasi yang diselenggarakan oleh TUK BBPP Batu di Kabupaten Ponorogo.

“Dengan adanya sertifikasi penyuluh pertanian ini diharapkan penyuluh mampu mengemban tugasnya secara lebih baik,” tuturnya.

Penyerahan secara simbolis form verifikasi assessment sertifikasi kompetensi penyuluh pertanian

Sertifikasi Kompetensi Penyuluh Pertanian di Kabupaten Ponorogo secara resmi ditutup pada Sabtu, 19 November 2022. Dari seluruh rangkaian acara tersebut, 30 peserta sertifikasi dinyatakan kompeten. Para asesi dinilai siap terjun mendampingi petani khususnya untuk penyuluh pertanian di wilayah kerja Kabupaten Ponorogo dan Pacitan. (Irma Tri Wahyuni)