DIPERTAHANKAN MENYERAHKAN BANTUAN DAN PELATIHAN ALSINTAN

PONOROGO – Bertempat di Gudang Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DIPERTAHANKAN) Kab. Ponorogo pada tanggal 22 November 2022 telah dilaksanakan penyerahan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang bersumber dari APBD II Kab. Ponorogo Tahun Anggaran 2022 kepada 19 kelompok tani penerima bantuan. Adapun jenis alsintan yang diserahkan adalah Cultivator sejumlah 10 unit, Hand Traktor jenis Impala sejumlah 5 unit danĀ Hand TraktorĀ G 1000 sejumlah 4 unit.

Mahendro Akso saat memberikan pengarahan kepada kelompok tani penerima bantuan

Sebelum dilakukan penyerahan bantuan, kelompok tani penerima bantuan mendapatkan pengarahan dari Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Mahendro Akso. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kelengkapan administrasi mengandung maksud bahwa ada pertanggungjawaban kelompok sebagai penerima bantuan. Beliau juga berpesan agar alsintan yang dihibahkan kepada poktan jangan sampai dijual. “Alsintan yang diserahkan merupakan asset Negara yang mana apabila dihilangkan/dijual maka bisa dikenai pidana/sanksi hukum sesuai UU yang berlaku,” ujarnya. Beliau juga menambahkan agar poktan melaporkan pemanfaatan alsintan secara berkala ke dinas.

Kegiatan pelatihan alsintan kepada kelompok tani penerima bantuan

Selain penyerahan bantuan alsintan, juga dilakukan kegiatan pelatihan kepada kelompok tani. Pada kegiatan tersebut, pemateri menyampaikan prosedur penggunaan dan perawatan alsintan. Dengan diberikannya pelatihan ini, diharapkan kelompok tani dapat menggunakan dan menjaga alsintan yang diberikan dengan baik.