PELATIHAN FERMENTASI PAKAN TERNAK DAN PENGOLAHAN KAMBING DI DESA GAJAH

PONOROGO-Pada hari Rabu s/d Kamis, 26 – 27 Juli 2023 BPP Sambit menjadi narasumber pelatihan fermentasi pakan ternak dan pengolahan kambing di Desa Gajah Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Pelatihan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) mahasiswa IAIN Ponorogo yang dilaksanakan di Desa Gajah. Desa Gajah merupakan salah satu desa di Kecamatan Sambit yang memiliki potensi pengembangan ternak besar dan kecil (sapi, kambing dan domba). 

Narasumber pelatihan beserta mahasiswa peserta KPM di Desa Gajah

Peserta dari pelatihan adalah petani-peternak sejumlah 30 orang yang merupakan anggota kelompok tani di Desa Gajah. Pada hari pertama, penyuluh pertanian Desa Gajah, Khoirul Anwar memberikan materi tentang praktik pembuatan bokashi dari bahan kotoran sapi, kotoran kambing dan jerami. Sedangkan pada hari kedua, pelatihan diisi oleh Mulijadi selaku Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Sambit dengan materi praktik pembuatan fermentasi pakan ternak.

Fermentasi pakan ternak merupakan cara pengolahan pakan ternak yang melalui proses amoniasi untuk menjaga kandungan nutrisi dalam pakan ternak khususnya yang memiliki masa hidup pendek seperti hijauan dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Praktik pembuatan fermentasi pakan ternak

Pakan fermentasi ini juga sering disebut dengan silase untuk ternak ruminansia. Silase adalah makanan ternak yang diolah dengan bantuan jasad renik sehingga kaya kadar air. Tujuan utama peternak memberikan pakan fermentasi adalah untuk memaksimumkan pengawetan kandungan nutrisi yang tersedia pada makanan hijauan atau bahan pakan ternak lainnya, supaya bisa disimpan dalam kurun waktu yang lama, untuk kemudian diberikan sebagai pakan bagi ternak.

Mulijadi saat menyampaikan materi

Mulijadi menyampaikan bahwa jika dibandingkan dengan pakan alami yang diberikan langsung pada kambing ternak, pakan fermentasi mempuyai beberapa kelebihan.

“Diantaranya adalah dapat memperbaiki sistem pencernaan pada kambing, menambah nafsu makan, membuat kambing ternak cepat gemuk atau bertambah bobot secara alami dan sehat, serta mampu meningkatkan produksi susu pada kambing, terutama pada kambing etawa,” ujarnya.

“Kualitas hewan ternak akan semakin baik dan itu jelas akan berdampak pada nilai jual yang mengalami peningkatan, ini dikarenakan kondisi ternak tersebut sehat, gemuk dan memiliki berat yang maksimal, sehingga omset penjualan ternak pun akan meningkat,” pungkasnya. (rindriapraja)